Senin, 05 Agustus 2013

1001 Macam Cara Menjadi Wanita Cantik - Bagian #1

Wanita Cantik - Setiap wanita dilahirkan cantik. Kita wanita dan kita cantik: bukan karena hidung mancung dan bibir rekah sempurna, kulit putih dengan body seksi, tinggi: bukan!!! Melainkan kita cantik sebab kita merasa nyaman dengan diri sendiri. Menjadi diri sendiri dalam artian kita mau berdamai dengan apa yang kita punya, yang Tuhan titipkan. Sebab ketika kita tak lagi bisa berdamai dengan diri sendiri, selamanya kita akan merasa kecil: tidak percaya diri, selalu iri, merasa bodoh dan menjadi pribadi yang kurang bersyukur.

1001 Macam Cara Menjadi Wanita Cantik


Dan refleksi rasa syukur kita adalah dengan senantiasa merawat dan menjaga tubuh untuk senantiasa tampil prima dan  bersahaja.  Hanya saja, kebanyakan kaum perempuan sudah tercuci otaknya dengan dipaksa percaya bahwa untuk menjadi wanita cantik itu mahal. Sehingga untuk merealisasikannya butuh produk-produk kualitas kelas wahid atau kunjungan ke SPA dan salon-salon ternama. Untuk kalangan Jet-set mungkin tidak masalah dengan urusan biaya. Tapi bagaimana dengan mereka perempuan-perempuan kalangan menengah ke bawah yang hanya punya anggaran sekian ratus ribu atau bahkan hanya puluhan ribu perbulan untuk pembelian kosmetik. Dan kalaupun mau dipaksakan pengeluaran bisa dipastikan bengkak, nyaris meledak. Tidak hanya meledakan emosi  tapi juga jantung sendiri saat tiba-tiba kita tersadar ada banyak tagihan  gara-gara nombokin biaya beauty-treatment yang melangit tinggi.



Menyikapi hal ini, membuatku teringat dengan teman semasa kuliah dulu. Sebut saja Dee, dia gadis luwes berkulit putih susu. Dee seringkali mengeluhkan wajahnya yang berjerawat. Tapi setelah lama tak bersitatap muka ku dapati wajahnya mulus bebas masalah kulit. Ternyata dia rajin treatment dan jadi member rumah kecantikan cukup bonafide yang cabangnya sudah merambah dipelosok kota. “Hanya dalam 2 minggu saja aku bebas jerawat dan kulitku menjadi lebih cerah” begitu tuturnya dengan rona bahagia. Tapi kebahagiaan itu tak bertahan lama. Karena Dee yang masih berstatus mahasiswa dan belum bekerja, bisa dipastikan mengalami kendala biaya. Tragisnya, dia nekat ngutang ke hampir semua teman kostnya. Karena merasa tak sanggup melunasi, maka Dee memutuskan berhenti berlangganan. Tidak menunggu lama, wajahnya kembali jerawatan. Mengelupas dan meradang merah, lebih parah dari sebelumnya. Dan ternyata, itu adalah efek samping penghentian penggunaan krem yang diberikan. Tentunya kita tak akan menjadi Dee berikutnya bukan?

Well, kecantikan dari masa ke masa menjadi space yang tak berkesudahan untuk di bedah dan dikuliti. Walau banyak orang menggembar-nggemborkan pentingnya inner beauty daripada sekedar tampilan fisik, namun kebanyakan jalan ditempat dan lebih memilih mengekspos physical beauty. Tak perlu disalahkan memang, karena hampir semua naluri wanita adalah ingin selalu tampil cantik. Sehingga sejak menginjak remaja pun mereka tak ragu menjajal beragam kosmetik yang beredar di pasaran tanpa mengindahkan bahayanya. Seperti pada kasus ini, Wahai Guru Menengah, Selamatkan Wajah Siswimu. Yang mereka inginkan adalah hasil instan seperti yang digembar-gemborkan iklan di TV dan koran-koran yakni cantik putih hanya dalam dua pekan. Betapa ini sudah meracuni kalangan awam bahwa cantik itu harus putih. Dan dengan menggunakan produk tersebut, impian memiliki kulit putih sempurna pun terwujud hanya dalam hitungan minggu. Sebagai wanita cerdas, sudah saatnya kita mengubah persepsi dan lebih bijak memaknai kecantikan.

Diantara cara bijak mendefinisikan cantik adalah dengan tidak lagi menelan mentah-mentah stereotype negatif yang terlanjur mengakar dan berkembang di masyarakat. Jadilah diri kita sendiri. Dan ingatlah, perempuan itu cantik berapapun usianya. Maka jangan pernah takut untuk menjadi tua, melewati usia senja adalah proses mutlak tiap makhluk yang bernyawa. kenapa harus takut? Lihat saja mereka sebegitu getolnya berusaha terlihat awet muda dengan kapsul anti aging, Botox, liposuction, gastric bypass bahkan yg lebih ekstrim berani berjibaku dengan pisau bedah hingga menyulapnya jadi semlohay seketika. Such a naive camouflage ladies! Dus, sebagai wanita bijak, sudah saatnya kita berhenti menyakiti diri dengan ritual cantik standar mereka. Ada banyak pilihan yang murah dan mudah yang sudah pasti aman untuk tampil cantik satu paket: baik lahir maupun bathin. Dan kita bisa memulainya sejak hari ini. Berikut ulasannya sengaja saya rangkum untuk semua sobat Didowardah.

Bersyukur: Bersyukur adalah kunci utama penghargaan wanita terhadap kecantikannya. Yang harus dilakukan adalah berusaha untuk tidak mengeluhkan kekurangan yang ada pada diri kita. Belajarlah untuk menghargai diri sendiri dengan mencintai apa yang tuhan berikan: apa yang sudah dia anugerahkan. Ubahlah hal-hal negatif menjadi  positif  dengan hal yang menyenangkan pada diri sendiri. Kenalilah satu -persatu bagian diri kita yang menarik. Dari fisik, kepribadian sampai otak. Saya yakin setiap perempuan selalu lahir sempurna dan syarat kelebihan hanya seringkali kita tidak menyadari dan lebih fokus pada kekurangan kita. Dan dengan bersyukur  maka kita mampu mendamaikan hati kita. Ketika merasa bersyukur dengan apa yang kita miliki maka kita tidak pernah membebani pikiran untuk melakukan serangkain treatment yang beresiko tinggi demi mendapatkan kecantikan standar orang kebanyakan.

Pesona dari dalam: Ya, ahlak kita. Kepribadian kita sesungguhnya mencerminkan kecantikan hakiki seorang perempuan. Orang sekitar akan merasa nyaman dengan perempuan yang menebarkan aura inner beauty ketimbang fisik semata. Mulailah dengan hal-hal kecil seperti SENYUM misalnya. Senyum yang tulus adalah simbol kecantikan natural dari perempuan segala usia. Dan untuk para wanita yang menapaki usia senja, hiasi dirimu dengan indahnya sifat keibuan yang patut menjadi contoh bagi kaum muda. Jangan pernah phobia dengan kerut yang perlahan menghias wajah. Sejatinya keriput sama sekali tidak membuatmu terlihat lebih jelek justru menyempurnakan keanggunanmu sebagai wanita yang matang dan dewasa.

Biasakan hidup sehat: Wanita yang menghargai kecantikan tubuhnya adalah mereka yang membiasakan hidup sehat. Hidup sehat tidak sesulit yang kita bayangkan. Hidup sehat bukan berarti kita repot menghitung kalori atau memilah-milah makanan. Bukan berarti juga kita harus diet ketat. Memperbanyak asupan buah dan sayur juga kontrol diri bisa menjadi solusi hidup sehat. Ungkapan tenar we are what we eat merepresantikan bahwa apa yang kita makan mempengaruhi tubuh kita. Wanita yang mengkonsumsi jus sebagai menu kesehariannya tentu memiliki tekstur elastisitas kulit yang berbeda dengan mereka yang lebih memilih junk-food sebagai menu utama. Dalam hidup sehat, olahraga menjadi kamus wajib bagi kita yang ingin membiasakan hidup sehat. Pentingnya berolahraga karena manfaatnya yang menyehatkan tubuh dan membuat bugar, mengeluarkan toksin tubuh melalu keringat yang dihasilkan. Sementara efek langsing maupun sintal itu hanyalah sekedar bonus. Sehingga jangan pernah memaksakan kalau rajin olah raga reward-nya harus bertubuh seksi.

Manfaatkan Alam: Alam menyediakan begitu banyak pilihan untuk memanjakan wanita tampil cantik sempurna. Banyak wanita yang masih belum menyadari hal ini. Padahal sejak ratusan tahun yang lalu perempuan Indonesia sudah terbiasa memanfaatkan alam sebagai bahan-bahan alami kecantikan. Hanya saja bombardir produk pabrikan nyaris mengikis kebiasaan yang sudah turun-menurun ini. Ada banyak perawatan sederhana yang murah dan mudah yang dapat kita coba. Baik yang secara rutin dikonsumsi, dibuat masker ataupun cukup dibalurkan, dilulurkan. Diantaranya madu, minyak zaitun, ragam buah, biji-bijian maupun jejamuan (untuk lebih detailnya akan dibahas pada bagian II). Wanita cerdas yang memanfaatkan alam untuk kecantikan tidak mendapatkan cantik instan seperti halnya iming-iming produk masa kini. Melainkan butuh proses yang butuh pengulangan secara continue. Sehingga hasil yang didapatkan pasti juga tidak instan.

Pilihlah kosmetik yang aman: Banyaknya produk kecantikan yang beredar di pasaran seringkali membuat kita pusing untuk menentukan pilihan. Akibatnya semua merk pun kita coba, dan kalau ada produk yang kelihatannya lebih bagus maka kita tak sungkan pindah haluan. Padahal yang paling penting adalah mengenali jenis kulit kita sehingga bisa menentukan kosmetik yang sesuai. Pastikan kosmetik yang kita pakai bebas merkuri. Cara mudah untuk mengetahui kandungan merkuri pada kosmetik cukup kita oleskan krem atau bedak ditelapak tangan. Lalu gosokkan emas murni (cincin, gelang atau kalung 24 karat) jika produk berubah menghitam atau abu-abu, artinya ada kandungan merkuri didalamnya. Yang tak kalah penting adalah memastikan kosmetik yang kita pilih mempunyai nomor izin edar dari badan POM. Dan untuk mengetahui suatu kosmetik sudah terdaftar atau belum, dapat dilihat di website Badan POM dengan alamat www.pom.go.id. Jika kita ragu-ragu terhadap kosmetik maka kita bisa menghubungi Unit Layanan Pengaduan Konsumen (ULPK) Badan POM telepon : 021-4263333, fax : 021-4244947, email : infopom@indo.net.id

Indeed, ada 1001 macam cara positif yang bisa mengaktualisasikan kecantikan perempuan yang sesungguhnya. Dan tips-tips yang sudah kita bahas adalah beberapa diantaranya. Kiranya ulasan kali ini sedikit banyak membawa pencerahan bagi kita semua, khususnya para wanita cerdas yang tidak lagi memandang kecantikan fisik sebagai tolak ukur wanita cantik (sempurna). Terimakasih sudah membaca.

sumber: Kompasiana Didowardah         


Tidak ada komentar:

Posting Komentar